Tuesday 26 January 2016

Home » » Budidaya bunga anggrek dalam pot

Budidaya bunga anggrek dalam pot

Budidaya angrek dalam pot
Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat diminati karena keindahan bunganya. Bagi Anda pecinta bunga, belum lengkap rasanya jika tidak memiliki tanaman anggrek di rumah. Jika Anda baru saja akan membudidayakan anggrek, ada baiknya untuk mempelajari seluk beluk tanaman ini terlebih dahulu agar nantinya Anda bisa menikmati hasilnya secara maksimal.
anggrek

Tempat Menanam Bunga Anggrek
Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah cara budidaya tanaman anggrek itu sendiri. teknik budidaya tanaman anggrek tidak serumit yang Anda bayangkan. Bahkan, untuk menanam anggrek Anda tidak memerlukan pot karena anggrek bisa ditempelkan pada tanaman lain. Namun, Anda tetap bisa menggunakan pot sebagai tempat menanam bunga anggrek tersebut.

Pemilihan Lokasi Tanaman Anggrek
Setelah menentukan tempat untuk menanam bunga anggrek tersebut, Anda juga harus memperhatikan lokasi penempatan pot bunga anggrek tersebut. Perlu Anda ketahui, intensitas cahaya matahari sangat mempengaruhi pertumbungan bunga anggrek. Usahakan untuk menempatkan bunga anggrek dengan intensitas cahaya matahari yang sesuai dengan jenisnya agar dapat tumbuh maksimal.

Ada tiga jenis anggrek menurut intensitas cahayanya. 
Pertama, jenis anggrek yang harus terkena matahari langsung. seperti anggrek vanda, anggrek Renanthera, dan anggrek Arachnis.
Kedua, ada jenis anggrek yang bisa tumbuh dengan maksimal jika setengah ternaung dan tidak terkena matahari langsung. seperti anggrek dendrobium, anggrek cattleya, atau anggrek ancedium.
Ketiga, ada pula anggrek yang tidak suka dengan sinar matahari sehingga harus ditempatkan pada lokasi yang teduh. seperti  Anggrek Paphiopedilum dan anggrek Phalaenopsis



Ketinggian Penempatan Pot Anggrek
Selain memperhatikan pemilihan lokasi tanaman anggrek berdasarkan keperluan sinar matahari, teknik menanam berikutnya adalah dengan memperhatikan tingkat ketinggian lokasi untuk menempatkan pot anggrek.
Dalam hal ini, ketinggian penempatan pot anggrek dibedakan menjadi 3.
Pertama, untuk anggrek jenis cymbidium dan miltonia, Anda harus menempatkannya pada ketinggian sekitar 1001 m dpl.

Kedua, jika Anda berencana untuk membudidayakan anggrek jenis dendrobium, oncidium, atau cattleya, tempatkan pot anggrek pada ketinggian sekitar 501 hingga 1000 m dpl.

Ketiga, ada jenis bunga anggrek yang sebaiknya ditempatkan pada ketinggian sekitar 500 m dpl. Contoh anggrek untuk kriteria ketiga ini adalah vanda dan arachnis. Selain memperhatikan tingkat ketinggian, salah satu cara tanam anggrek adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara.
Sebaiknya, Anda menempatkan anggrek di lokasi yang anginnya berhembus sepoi-sepoi. Jangan lupa untuk menjaga kelembaban udaranya agar anggrek tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah.

Pemilihan Bibit Bunga Anggrek
Sebelum bercocok tanam anggrek, tentu saja Anda harus memilih bibit anggrek yang berkualitas baik. Bibit yang bagus dan siap untuk dibudidayakan adalah
bibit yang sudah berusia 1 tahun. Biasanya, bibit tersebut sudah  memiliki daun dan akar. Tanam bibit tersebut dalam plastik dan rawatlah hingga mencapai 3 bulan. Setelah 3 bulan, pindahkan anggrek tersebut ke tempat lain seperti pot kecil dengan diameter 8 cm hingga 10 cm. Dalam proses pembibitan ini, Anda juga perlu memberikan pupuk organik agar pertumbuhan anggrek menjadi maksimal. Setelah anggrek tumbuh besar atau sekitar 3 bulan kemudian, Anda bisa memindahkannya ke pot yang berukuran lebih besar lagi.

Memperlakukan akar bibit bunga anggrek
Setelah 3 bulan, akar akan tumbuh dan seringkali menyembul keluar dari tanah. Mungkin, melihat hal itu Anda akan langsung memasukkan akar yang menyembul tersebut. Namun, jangan lakukan hal tersebut karena itu justru membahayakan tanaman anggrek Anda. Akan lebih baik jika memindahkan anggrek tersebut ke pot yang lebih besar

Memperlakukan Batang Bunga Anggrek
Beberapa jenis anggrek memiliki batang yang agak tinggi. Untuk menjaga agar batang tidak mudah roboh, gunakan penyangga. Penyangga ini sangat berguna untuk memastikan batang anggrek tetap tegak.

Menempatkan pada suhu yang tepat
Suhu lokasi yang tepat untuk membudidayakan anggrek adalah sekitar 15 derajat celcius hingga 35 derajat celcius. Jika Anda menjaga suhu lokasinya secara teratur maka Anda dapat melihat anggrek sesuai dengan apa yang Anda bayangkan bahkan lebih dari itu.

Memindahkan anggrek dengan tepat
Jangan asal memindahkan anggrek karena bisa berakibat fatal. Sebelum mencabut bibit anggrek dari pot yang lama siapkan terlebih dahulu pot yang baru. Setelah pot baru siap, masukkan anggrek dan pastikan posisinya sempurna. Tambahkan tanah atau media tanam lainnya seperti pakis cincang.

No comments:

Post a Comment